RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP Negeri 5 Pasar Kemis
Mata Pelajaran : Matematika
Pokok Bahasan : Bilangan Pecahan
Sub Pokok
Bahasan : Mengenal Bilangan Pecahan
Kelas /
Semester : VII / 1
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
Memahami sifat – sifat operasi hitung
bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.
B. Kompetensi Dasar
Melakukan
operasi hitung bilangan bulat dan pecahan
Menggunakan
sifat – sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemecahan masalah.
C. Indikator
1. Merubah pecahan biasa dalam
bentuk pecahan campuran, desimal, persen dan permil.
2. Merubah bentuk pecahan
campuran, desimal, persen dan permil dalam bentuk pecahan biasa.
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah terjadi pembelajaran siswa
diharapkan mampu :
1.
Siswa mampu merubah pecahan biasa dalam bentuk pecahan campuran,
desimal, persen dan permil
2.
Siswa mampu merubahan bentuk pecahan campuran, desimal,
persen dan permil dalam bentuk pecahan biasa
Karakter siswa yang diharapkan :
Berani, rasa ingin tahu,
ketelitian, percaya diri, tanggung jawab
E.
Metode Pembelajaran
TAI (Team Assisted Individualization)
F.
Langkah-langkah Pembelajaran
Ø Kegiatan awal (10 Menit )
·
Berdoa, perkenalan, mengecek kehadiran siswa, apersepsi, dan memberi motivasi.
·
Memberikan tujuan pembelajaran bilangan pecahan.
Ø Kegiatan inti (50 menit)
1.
Pemberian
soal post tes I dan masing masing siswa mengerjakan (10 Menit )
2.
Membentuk
kelompok yang terdiri dari 4-5 orang, kemudian menjelaskan materi yang sesuai
dengan soal post tes I.(15 menit)
3.
Memberikan
soal kelompok yang dikerjakan secara bersama-sama dan masing-masing siswa
(anggota kelompok) juga mengerjakan.(15 menit)
4.
Memberi
kesempatan salah satu perwakilan kelompok untuk maju mengerjakan soal di papan
tulis dan memberikan penghargaan kepada siswa yang bisa mengerjakan soal. (10
menit)
Ø
Kegiatan Penutup (10 Menit )
·
Guru memberikan latihan soal
·
Guru memberikan kesimpulan
·
Penutup diakhiri dengan doa bersama
H .
Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·
Buku Paket Matematika,
Spidol, lembar
post tes I , lempar soal kelompok, dan lembar tugas.
I . Penilaian
Nilai
diberikan kepada siswa yang berhasil mendapatkan peningkatan nilai dari post tes I.
Tangerang,
04 Oktober 2013
Guru Mata Pelajaran Mahasiswa PPL
TARYUNI, S.Pd HARI SANTOSO
NIP : NPM : 10.84.202.117
Mengetahui,
Kepala
Sekolah SMP N 5 Pasar Kemis
Hj.
TITIN SUPRIHATIN H. S.Pd
NIP :
19641129 198602 2 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar